Bekas Pabrik Seng Ternama di Padang Disulap Jadi Ruang Kreatif Publik

Bekas Pabrik Seng Ternama di Padang Disulap Jadi Ruang Kreatif Publik

PADANG - Bekas pabrik seng milik Polyguna Nusantara/Tropical Multi Co, disulap menjadi ruang kreatif publik. Lokasi pabrik seng ternama itu berada di Jalan Prof Hamka KM 9, 5 Kota Padang dengan luas 1, 1 hektare.

Co-founder M Bloc Group mengatakan, bekas pabrik itu nantinya akan direnovasi menjadi Fabriek Bloc, sebuah ruang kreatif publik terbaru persembahan M Bloc Group (PT Radar Ruang Riang).

"Akan segera direhap dan akan dijadikan ruang kreatif publik bagi berbagai acara seni, budaya, hiburan, niaga, sekaligus lab inkubator talenta lokal, hingga pemberdayaan bisnis UKM/UMKM yang terkurasi, " katanya, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, kehadiran Fabriek Bloc di Padang memiliki misi yang kongkret, memperkuat ekosistem kekuatan kreatif lokal dengan para pemangku kepentingan yang akan saling memberdayakan.

"Kolaborasi adalah kunci. Pabrik boleh beralih fungsi namun mesin kreatif harus terus menyala dimana-mana, " katanya, Kamis (13/1/2022).

Disisi lain, Direktur Fabriek Bloc sekaligus pemilik lahan, Edward Kusma mengaku Fabriek Bloc memanfaatkan aset bekas pabrik sengternama Polyguna Nusantara yang telah berdiri sejak 1971 dan memproduksi beragam jenis seng untuk mensuplai kebutuhan atap jutaan rumah maupun gedung di Sumatra Barat dan Pekanbaru.

Diakuinya, pabrik seng dimasa jayanya pernah mencetak rekor produksi hingga 100.000 lembar seng per hari yakni padapertengahan 1997. Kemudian kepemilikannya beralih kepada Tropical Multi Co yang meneruskan proses produksi hingga 2016.

“Kota Padang identik dengan sejarahnya dan salah satu kota terpenting di Indonesia. Sejak dulunya sudah banyak seniman, pemikir, sastrawan dan juga negarawan, " jelasnya.

Kemudian terkait proyek renovasi bangunan ini merupakan amanah dari ayahnya sejak pabrik itu berhenti. Dimana ayahnya adalah seorang perantau yang lahir di kota Padang dan sudah menetap di Jakarta.

"Usia bangunan itu telah mencapai 50 tahun, maka dirinya mengumumkan dimulainya proses renovasi, " tuturnya.

Ditambahkannya, pengembangan Fabriek Bloc akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama yang terdiri dari ampiteater, gerai tenant, M Bloc Market rencananya akan diresmikan sekitar April 2022.

"Tahap kedua direncanakan pada pertengahan 2022 yang terdiri dari ruang pertunjukan dan beberapa fasilitas pendukung lainnya, " ucapnya.(**) 

Afrizal

Afrizal

Previous Article

Kecelakaan Beruntun Terjadi di Bypass Padang;...

Next Article

Dugaan Penipuan Oknum BCA Finance Padang...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 200

Postingan Tahun ini: 200

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 191

Postingan Tahun ini: 191

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 129

Postingan Tahun ini: 129

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 113

Postingan Tahun ini: 113

Registered: Jul 10, 2020

Profle

Nanang suryana saputra

Ramah Tamah Dengan Menteri BUMM, Bupati Simalungun Sampaikan Rencana Kerjasama Kelola Aset PTPN II dan III di Kota Turis Parapat
Polresta Banyuwangi Gelar Olah TKP di Heroes Cafe Pasca Penggerebekan Tarian Striptis
Polda Jatim dan Polres Lumajang Gelar Perpanjangan SIM Gratis bagi Korban Terdampak Erupsi Semeru
Terkait Aksi Massa Spontan Forkopimda Lakukan Konferensi Pers, Bupati: Situasi covid-19 Masih Memprihatinkan Jaga Kedamain Kekompakan

Follow Us

Recommended Posts

Ditjen IKP dan Biro Humas Kementerian Kominfo Gelar Bimtek Penulisan Siaran Pers
4 Keuntungan Menggunakan Sistem dan Aplikasi ERP untuk Perusahaan
Satpol PP Padang Amankan Badut dan Pengemis
Ada Kepastian Hukum, Kementrian ESDM Optimis  Capai Target Income Investasi Tahun 2022  Rp.71.85 Trilyun
Cintai Lingkungan, Insan Pers Dapat Apresiasi Kementrian LHK