Dugaan Penipuan Oknum BCA Finance Padang Garda NKRI Sumbar Angkat Bicara

Dugaan Penipuan Oknum BCA Finance Padang Garda NKRI Sumbar Angkat Bicara

Padang - Kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang melibatkan perusahaan leasing BCA Finance atas nama nasabah Muhibuddin(58) belum kunjung menemukan benang merah. Hal ini di buktikan oleh upaya yang masih di lakukan Nasabah dalam mencari bukti-bukti dan bantuan hukum perdata atau pindana ke berbagai tempat.

Saat ditemui di sekretariat advokasi OPHILBAS di Kelurahan Batang Kabung Ganting, Muhibuddin Nasabah yang unit mobilnya telah dilelang oleh pihak BCA Finance ini menyampaikan bukti kesalahan-kesalahan administrasi, kejanggalan - kejanggalan proses penarikan dan upaya-upaya yang telah di lakukan pihaknya dalam mengejar hak-hak sebagai konsumen.

Selain itu dia juga mengungkap respon pihak BCA Finance dalam menanggapi laporan, keluhan dan langkah BCA Finance dalam penyelesaian kasus yang menurutnya telah mengakibatkan kerugian waktu, tenaga, materi dan bahkan psikologi mereka selaku korban manipulasi data, kata dan fakta ini.

"Upaya permintaan pertanggung jawaban pihak/oknum BCA Finance terasa sangat sulit dikejar perkara hukumnya. 

Selain karena pribadi/orang yang di utus oleh pihak BCA Finance adalah pihak ke tiga yang tentunya kami tidak kenali, seluruh bukti-bukti transaksi dan berkas-berkas administrasi yang seharusnya berada di tangan nasabah sudah diambil oleh mereka.

Berkas ini diminta oleh karyawan yang berinisial Y, hingga hari ini 3 bulan sejak mobil ditarik belum di kembalikan kepada kami”, Keluh Orang tua yang menjadikan mobil kreditnya itu sebagai mata pencarian bagi anaknya ini.

Dari Kantor BCA Finance Padang, Head Bidang Collection, Miswanto, mengaku telah menyampaikan permasalahan ini kepada kepada kantor pusat.

“Laporan ini telah kami sampaikan ke kantor pusat, sampai saat ini kami masih menunggu keputusan dari kantor Pusat BCA Finance. Dan sampai hari ini Ada dua upaya yang internal BCA Finance Padang tawarkan, pertama, membeli kembali mobil pada pemenang lelang, dan yang kedua adalah pengembalian uang sisa lelang pada nasabah, ” lanjutnya.

Ichsan Zainul Ketua Bidang Hukum dan HAM Garda NKRI Sumatera Barat mengungkapkan bahwa undang-undang Fidusia merupakan undang-undang yang di rumuskan untuk memberikan jaminan keamanan, kenyamanan dan transparansi bagi pihak yang sedang bersepakat. 

Namun fakta di lapangan sering terjadi permasalahan-permasalahan dan pengaduan-pengaduan perihal teknis pelaksanaan undang-undang ini. 

Hal-hal seperti cara penarikan kolektor yang cenderung memakai cara kekerasan, penarikan tanpa surat pemberitahuan sebelumnya namun mobil sudah ditarik saja, bahkan sampai pemalsuan dokumen-dokumen objek jaminan Fidusia, dan tentunya permasalahan-permasalahan ini menjadi peluang nyata yang akan dihadapi oleh konsumen atau nasabah leasing, apalagi nasabah-nasabah yang tidak memiliki pemahaman yang lebih perihal hukum.

"Nah, peluang ini terkadang dimanfaatkan oleh oknum-oknum lessor untuk menambah pendapatan di luar gaji yang tentunya tidak di bunyikan dalam perjanjian, Sehingga menjadi kerugian bagi konsumen, "jelas Ichsan.

"Namun berdasarkan kasus yang dialami oleh bapak Muhibuddin ini, menurut pendapat saya pihak leasing lebih baik mencarikan alternatif yang win-win. karena sepemahaman saya Undang-undang Fidusia tidak membunyikan aturan tentang pelelangan tanpa kesediaan dan tanpa pemberitahuan kepada pihak kreditur. Lucu saja saya mendengar ada kasus mobil di lelang saat nasabah bersedia melunasi kredit mobilnya. Terdengar sangat manipulatif, ” tambahnya.

Padang Sumbar
PADANG

PADANG

Previous Article

Bekas Pabrik Seng Ternama di Padang Disulap...

Next Article

Wali Kota Padang Wacanakan Pembangunan Stadion...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 200

Postingan Tahun ini: 200

Registered: Apr 8, 2021

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 192

Postingan Tahun ini: 192

Registered: May 25, 2021

Muh. Ahkam Jayadi

Muh. Ahkam Jayadi verified

Postingan Bulan ini: 129

Postingan Tahun ini: 129

Registered: Aug 19, 2021

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra

Postingan Bulan ini: 113

Postingan Tahun ini: 113

Registered: Jul 10, 2020

Profle

Nanang suryana saputra

Ramah Tamah Dengan Menteri BUMM, Bupati Simalungun Sampaikan Rencana Kerjasama Kelola Aset PTPN II dan III di Kota Turis Parapat
Polresta Banyuwangi Gelar Olah TKP di Heroes Cafe Pasca Penggerebekan Tarian Striptis
Polda Jatim dan Polres Lumajang Gelar Perpanjangan SIM Gratis bagi Korban Terdampak Erupsi Semeru
Terkait Aksi Massa Spontan Forkopimda Lakukan Konferensi Pers, Bupati: Situasi covid-19 Masih Memprihatinkan Jaga Kedamain Kekompakan

Follow Us

Recommended Posts

Polda Sumbar Bentuk Tim Pengawasan Harga dan Penjualan Minyak Goreng
4 Keuntungan Menggunakan Sistem dan Aplikasi ERP untuk Perusahaan
Ditjen IKP dan Biro Humas Kementerian Kominfo Gelar Bimtek Penulisan Siaran Pers
Satpol PP Padang Amankan Badut dan Pengemis
Cintai Lingkungan, Insan Pers Dapat Apresiasi Kementrian LHK